Sunday, July 22, 2012

Monumen Nasional dan Masjid Istiqlal



Hmmm… kalo berbicara soal monumen nasional atau yang lebih dikenal dengan Monas pasti identik dengan Jakarta kan. Yuupp… betul sekali karena monas salah satu icon kota Jakarta tapi walaupun simbol sebenarnya kota Jakarta adalah salah condet dan elang bondol , yang terkenal adalah monas ini.
Monas terletak di Jakarta Pusat (alamat lengkap kurang tau) deket gambir, deket istiqlal, deket istana negara juga, dan dekat-dekat yang lainnya. Seperti biasa, maunya setiap pertemuan kita itu pengennya ke tempat yang udah lama ga kita kunjungi dan salah satunya monas. Diriku terakhir kali ke dalam monas itu pas masih SMA, selebihnya cuma liat dari luar aja. Akhirnya, kita putuskan untuk ke monas aja karena dekat juga dengan tempat-tempat yang mau kita tuju selanjutya (es krim Ragusa dan es krim Baltic).

Kita pergi ke monas naik busway dari kp. Melayu lalu transit di senen dan turun di gambir 1, dari situ tinggal jalan kaki ke dalamnya. Jalan berdua menuju monas sambil liat-liat pengunjung lain, trs masuklh kita ke dalam monasnya tadinya mau naik sampai puncak tapiiiiiii itu antriannya puaaannnjjjaaaangggg bangetttttt jadinya ga jadi deh (maklum kita kesana pas banget anak-anak liburajn sekolah dan hari sabtu pula). Walaupun nggak ke atas nggak apa-apa, yang penting jalan-jalannya sama “Si Dia”, hehehehe. Kita liat-liat diorama-diorama yang ada disana, dioramanya tentunya soal sejarah bangsa kita. Sambil mengingat-ingat itu pelajan SD, SMP, apa SMA ya… (udh lama nggak belajar soal gtuan).
Banyak pengunjung yang bawa anak-anak jadi monumen itu. Jadi seperti tempat piknik keluarga, ada yang pada duduk di bawah sambil menikmati santapan mereka (padahal ada tulisan dilarang bawa makanan dan minuman) malah ada yang tidur-tiduran segala. Fungsi monumen atau museumnya kurang terasa, tapi ya mau gimana lagi karena minimnya arena piknik atau rekreasi di Jakarta yang murah jadi monas lahh salah satunya.
Setelah dari monas kita ke es krim Ragusa (nanti ada bahasannya sendiri), setelah dari Ragusa kita ke istiqlal…
Mampir ke istiqlal karena mau sholat dulu, dan memang udah lama juga nggak masuk ke istiqlal. Masjid kebanggaan bangsa Indonesia yang merupakan masjid terbesar di Asia Tenggara itu memang berdiri begitu kokoh bersebrangan dengan gereja katedhral. Masjid yang sudah lama dibangun (nggak tau sih berapa umurnya, yang jelas lebih tua dari diriku) itu mampu menampung ribuan jamaah, yang jelas bapak dan ibu presiden pasti sholat ied disini kalo Idul Fitri maupun Idul Adha.
Masjid Istiqlal
Kebetulan waktu itu diriku lagi “libur” sholatnya jadi cuma nemenin “Si Dia” aja, diriku hanya nunggu dibawah dan sempet ke kamar mandi dan liat tempat wudhunya…. Banyak kran2 berjejer kalo-kalo jamaah yang datang banyak. Sayang sekali diriku tidak ke atas, jadi tidak bisa melihat kemegahan ruang sholatnya. Selesai dia sholat, kita duduk sebentar di luar, menghilangkan capek karena jalan dan sambil menikmati angin sepoi-sepoi…
Jadi, untuk warga Jakarta dan mungkin Indonesia… yaa, ada baiknya lahh mengunjungi monas dan masjid istiqlal (istiqlal juga banyak jadi kunjungan wisata, waktu itu juga ada turis asing lagi liat2) sambil mengenal ciri khas dari negara kita. Melestarikan tempat-tempat yang ada nilai sejarah dan perjuangannya, terlebih lagi anak-anak dan anak-anak muda jaman sekarang yang mainannya ke mall. Sekali-kali ke monas, masjid istiqlal, TMII, atau museum-museum yang lain…
Oke… cintai produk-produk Indonesia (kaya jargon iklan nihh, hahhahaa). Sekian dulu, nantikan cerita selanjutnya…

No comments:

Post a Comment