Wednesday, January 2, 2013

Kuliner Kota Malang

Beberapa waktu yang lalu sudah pernah dibahas soal sudut Kota Malang dari tempat-tempat yang ada di Kota Malang.. Nahh, sekarang akan coba saya ajak untuk mengenal Kota Malang dari beberapa kulinernya. Berhubung saya dan Si Dia suka jalan-jalan dan makan-makan, jadi akan coba bahas beberapa kuliner di Kota Malang. Ini sebenernya beberapa kuliner yang pernah dicicip selama 5 bulan tinggal di Kota Apel ini, sekalian biar bikin ngiler si Dia soal kulineran di Kota Malang.
Okee… tidak perlu berlama-lama kita bahas satu persatu



Bakso Pak Man

Bakso Malang pastinya identik dengan Kota Malang, sebenernya ga tau juga sih apakah aslinya memang bener2 dari Malang atau bukan. Yang mau dibahas pertama soal bakso malang, banyak banget tukang bakso malang disini mulai dari gerobak sampai yang di toko-toko gitu.  Bakso malang yang disini khasnya selain baksonya/pentolnya, juga ada aneka gorengannya lebih banyak dari yang biasanya ada di Jakarta dan suka ada jeroan2nya juga kaya usus, paru, babat, dan lain-lain (jeroan ini harus hati-hati karena kolesterol tinggi).
Salah satu yang saya rekomendasikan soal bakso malang adalah Bakso Pak Man, bakso pak man beda lagi loh ya sama cak man. Bakso Pak Man ini terletak dekat dengan SMP Negeri 3 Kota Malang agak masuk ke dalem ke perumahan gitu (taunya patokannya itu doang) kalo naik angkot bisa naik AL, ABG, atau ADL yang kearah arjosari (lupa turun di daerah mana, bilang aja SMP 3). Maklum kalo soal hapal jalan, saya ga bisa diandalkan… hehehe. Di bakso Pak Man untuk pentolnya ada pentol kasar dan halus, tahu, dan somay, untuk aneka gorengannya sedikit. Di Bakso Pak Man ada bakso bakar juga dan ituuuu maknyuuussss bangettt…
Dari segi rasa pentol kasar dan pentol halusnya itu enakkkkk, kuahnya juga seger dan berasa sekali, dan untuk bakso bakarnya juga maknyuusss bumbunya berasa enaknya. Waktu itu saya dan teman-teman pesen yang pedes dan itu pedesnya lumayan bikin mata melek, tapi untuk yang ga suka dan ga bisa pedes disarankan pesen yang biasa aja biar ga ada reaksi berlangsung di perut. Kedainya tidak terlalu besar jadi kalo rame yaa bakalan penuh dan ganti-gantian. Untuk pentol kasar, halus, somay, tahu, dan bihunnya kita ambil sendiri (self service) sesuka hati asalkan dibayar aja, tapi untuk bakso bakarnya harus pesen ke mas-masnya… Oia, di kedainya banyak foto-foto artis yang pernah makan disitu mungkin itu salah satu bukti kalo bakso Pak Man terkenal enaknya…

Es Krim Oen

Setelah bahas soal yg pedes-pedes mengenyangkan kaya bakso, kita cobain yang seger-seger dingin yaitu es krimmmmmmmmmm….
Es krim itu nyebutnya makanan atau minuman ya?? Hmmm… yang jelas favoritku lahh, Si Dia juga tau kalo aq suka banget sama es krim. Pernah juga kita kulineria es krim tempo dulu di Jakarta (ada tuh tulisannya di bacaan sebelum2 ini)
Es Krim Oen ini sejaman dengan Es krim Ragusa, Es krim Baltic, dan Es krim Gentong di Jakarta (semuanya saya udah pernah nyoba, hehehhe). Es krim Oen ini terletak deket dengan alun-alun Kota Malang, sebelahnya gramedia, pokoknya tinggal nyebrang aja dari alun-alun Kota Malang. Selain es krim toko oen ini juga meyediakan makanan lain seperti steak dan lain-lainnya, toko ini tetap mempertahankan kesan jaman dulunya terlihat dari kursi-kursi rotan yang tertata di dalamnya. Waktu itu saya nyoba kesini setelah selesai ujian masuk UB, karena berempat kita pesen yang beda-beda tujuannya biar bisa saling icip. Macem-macem deh rasanya dan tambahan topingnya, mulai yang single, double, model banana split, sampe sorbet juga ada tinggal pilih aja.

Dari segi rasa lumayanlah, tapi menurut saya dari semua es krim tempoe doloe itu yang rasanya paling enak tetep es krim Ragusa, tapi yang lainya juga patut dicoba apalagi untuk penggemar es krim. Rasa khas dari es krim tempoe doloe adalah rasa susu yang kerasa dan tekstur lembut eskrimnya serta es krimnya yang lebih gampang meleleh dari es krim jaman sekarang.

Burger Buto

Hmmm… ada lagi kuliner yang hanya ada di Malang (sepertinya cuma ada di Malang, hehehe). Kedai burger buto terletak di daerah kaliurang bisa dicapai naik angkot ABG (hapalnya angkotnya, maklum angkoters dan bikers soalnya) pasti pada tau deh soalnya kedainya di pinggir jalan. Yang khas dari burger buto itu adalah burgernya yang gede segede gedenya (agak lebay dikit) untuk burger buto itu gede diameternya sekitar 30 cm, itu kita potong-potong dan bisa dibagi ke 10 orang (max). Selain burger buto ada juga, buto long dan buto keceng kalo yang ini semacam hot dog cuma puaannjaaanggg… yang jelas kalo ukuran gede-gede gini makannya bisa dishare untuk 3 orang itu minimal.

Dari soal rasa, sebenernya lebih enak blenger burger, atau big macnya mcd tapi yang unik karena ukurannya dan ini salah satu resep karya anak bangsa. Selain burger-burgeran, di kedai ini juga ada makanan lain seperti nasi bakar dan lainnya, terus burgernya juga ada yang ukuran normal jadi tinggal dipilih aja deh..

Ketan Duren dan Ketan Susu (Legenda)

Kuliner lainnya itu soal ketan-ketanan, yang baru dicoba itu 2 jenis ketan yaitu ketan duren dan ketan susu. Kita bahas satu-satu dulu yaa..
Ketan Duren… baru nyoba sekali di Kedai Assalammualaikum (nama kedainya emang begitu) letaknya di depan Universitas Muhamadiyah Malang, dan itu jalanan mau ke Batu jadi agak naik jalannya. Ketan duren di kedai ini terdiri dari ketan putihnya itu sendiri lalu ada durian utuhnya dan dengan saus santan yang berasa duren juga. Dihidangkannya berkuah gitu dan anget-anget juga, jadi nikmat dan cocok banget dengan udara sejuk dinginnya malang. Oia, di kedai ini juga waktu itu sempet pesen ikan bandeng presto kremes dan itu juga enakkkk, gede, dan kremesnya banyak. Rasa dan harga bersahabat lah pokoknya…

Ketan Susu… Ketan Susu atau dikenal juga dengan ketan legenda 1976 (tulisannya gitu), ketan ini cukup terkenal juga tapi letaknya bukan di kota Malang tapi di Batu salah satu kota kecil nan cantik. Ketan susu ini, tepat berada diseberang alun-alun Batu dan kedainya selalu ramai seramai alun-alun Batu. Ketan susu ini beda dengan ketan duren, ketan susu ini ketannya dibakar lalu disiram susu kental manis dan ditaburi keju, meises, ataupun kacang sesuai selera…
Rasanya enakkk, nikmat, dan anget terus minumnya waktu itu susu jahe (sebelahnya ada kedai yang jual susu segar, susu jahe) tambah nikmat banget apalagi di tengah dingiinya udara Batu. Oia, kedai ini baru buka sore-sore jadi siangnya bisa nikmati wisata di batu lalu sore menjelang malam tinggal nongkrong aja di alun-alun Batu, itu rasanya udah nikmat banget sambil liat bintang-bintang, orang-orang, dan pemandangan alun-alun Batu…
Hmmm… mungkin itu dulu liputan kulinernya, sebenarnya udah coba-coba yang lain juga cuma kadang lupa dan lupa mendokumentasikannya dengan foto. Masih banyak berbagai kuliner yang belum di icip-icip, nanti akan coba diicip-icip dan coba aka di share ke semuanya termasuk si Dia..
Ketika kulineran sama teman-teman, pasti ingat sama Si Dia yang ada di Kota lain, dalam hati selalu terucap “suatu saat nanti pasti akan kulineran bareng lagi sama Si Dia”…
Nahh… sekian laporan kulinernya, bagi yang membaca silahkan dicoba kalo singgah ke Kota Malang atau Batu..
Selamat Mencoba…

No comments:

Post a Comment